Status Buffalo Hill Cagar Alam, Jalur Pendakian Tegal Munding Ditutup?

JELAJAHGUNUNG.COM, Jalur pendakian Buffalo Hill atau Tegal Munding Kabupaten Garut sebetulnya tidak pernah dibuka. Namun karena banyak wisatawan ‘maksa’ mendaki, maka Buffalo Hill pun jadi ramai.

Nama lain dari Buffalo Hill adalah Tegal Munding. Dalam bahasa Sunda, tegal artinya lapangan, sedangkan munding berarti kerbau.

Dinamakan Tegal Munding karena kawasan ini menjadi pangangongan munding (menggembala kerbau).

Buffalo Hill Cagar Alam, Jalur Pendakian Tegal Munding Ditutup

Wallahu ‘alam, saya tidak tahu apakah ngangon munding di kawasan Cagar Alam boleh atau tidak.

Sobat yang tahu, silakan sharing melalui kolom komentar.

Yang saya tahu, manusia tidak diizinkan masuk kawasan konservasi. Kecuali memiliki SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) dari BKSDA setempat.

Dalilnya adalah Pasal 19 ayat (1), (2) dan (3).

  1. Setiap orang dilarang melakukatn kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan kawasan suaka alam.
  2. Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat ( 1) tidak termasuk kegiat an pembinaan Habitat untuk kepentingan satwa di dalam suaka marga satwa.
  3. Perubahan terhadap keutuhan kawasan suaka alam sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi mengurangi, menghilangkan fungsi dan luas kawasan suaka alam, serta menambah jenis tumbuhan dan satwa lain yang tidak asli.

Lokasi Buffalo Hill

Secara administratif lokasi Buffalo Hill berada di Kampung Barukina, Desa Pamulihan, Kecamatan Cisurupan – Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44163.

Ke lokasi dapat ditempuh dari jalan di samping minimarket setelah pertigaan pasar Bayongbong. Arahnya sebelah kalah kalau dari jalur Garut.

Status Buffalo Hill

Status Buffalo Hill adalah kawasan Cagar Alam. Seperti dilansir Jelajahgarut.com, Kepala Resort Konservasi Wilayah XVI Papandayan, Asep Rusyana, memberi konfirmasi bahwa Tegal Munding masuk ke dalam kawasan CA Papandayan.

Jalur Pendakian Tegal Munding Ditutup?

Jujur, sebelum tahu bahwa Buffalo Hill Cagar Alam, sekitar 2 tahun lalu saya pernah camping di sana. Bersama 3 anak SMK Insan Mandiri dan seorang siswa SMA Nusa Bangsa serta keluarga orang sana. Ya orang sana, warga pemukiman di bawah Tegal Munding.

Tadi di awal, pada paragraf pembuka saya tuliskan bahwa jalur pendakian Buffalo Hill tidak pernah dibuka. Menurut aturan, itu berlaku sejak ditetapkan menjadi Cagar Alam.

Jelas!

Karena, kawasan Cagar Alam tidak boleh dikunjungi untuk tujuan wisata.

Jadi kalau ada yang nanya, Buffalo Hill dibuka untuk umum? jawabannya TIDAK.

Siapa yang boleh masuk ke Buffalo Hill?

Masuk kawasan konservasi mau apa? Kalau hanya camping ceria mah sepertinya tidak akan diizinkan. Yang diizinkan itu misalnya untuk kegiatan penelitian.

Menurut pasal 17 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya.

  1. Di dalam cagar alam dapat dilakukan kegiatan untuk kepentingan penelitian dan pengembangan, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kegiatan lainnya yang menunjang budidaya.
  2. Di dalam suaka margasatwa dapat dilakukan kegiatan untuk kepentingan penelitian dan pengembangan, ilmu pengetahuan, pendidikan, wisata terbatas, dan kegiatan lainnya yang menunjang budidaya.

Buffalo Hill Cagar Alam, Jalur Pendakian Tegal Munding Ditutup

Sejak kapan Buffalo Hill ditutup? Sejak terbit SK penetapan Cagar Alam Buffalo Hill. Saya belum menemukan SK penetapannya, namun yang jelas seperti ditulis Jelajahgarut.com, Buffalo Hill masuk ke kawasan Cagar Alam Papandayan.

Cagar alam dan suaka margasatwa termasuk kepada kawasan suaka alam. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya.

Pasal 15 menyebutkan,

Kawasan suaka alam selain mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya, juga berfungsi sebagai wilayah perlindungan sistem penyangga kehidupan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1).

Pertanyaan tadi, “apakah ngangon munding di kawasan Cagar Alam boleh atau tidak?” terjawab dengan dalil ini.

BERIKAN ULASAN, UPDATE ATAU KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here