Info Lengkap Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Olan Cikajang

JELAJAHGUNUNG.COM, Jalur pendakian gunung Cikuray via Olan Kecamatan Cikajang adalah satu-satunya jalur Cikuray yang masih gratis.

Di jalur ini belum ada pos pendaftaran dan sama sekali tidak ada tarif masuk, alias gratis. Penitipan kendaraan bisa di halaman rumah warga di kampung Olan, dekat masjid.

Jalun Olan sering digunakan oleh pendaki lokal. Namun tidak jarang pendaki dari luar kota yang mendaki gunung Cikuray via Olan.

jalur pendakian gunung cikuray via olan (2)
Jalan pada awal pendakian Cikuray via Olan

Satu sisi, naik gunung lewat jalur gratis memang ‘enak’. Bisa menghemat biaya pendakian. Meskipun jumlahnya tidak seberapa. Tiket masuk gunung Cikuray paling mahal Rp. 25.000 per orang.

Namun di sisi lain, juga berisiko. Kalau terjadi hal yang tak diinginkan, sulit untuk minta bantuan volunteer atau tim SAR.

Mudah-mudahan saja semua pendaki yang lewat Olan dan jalur lainnya, dari mana pun dia berasal diberi keselamatan oleh Allah SWT.

Tapi kalau boleh ngasih saran, mending ke jalur yang ada pos pendaftarannya. Di Cikajang ada jalur Carik. Setidaknya rombongan yang muncak terdata di basecamp.

Oke, lanjut ya. Di sini saya sekadar mengabarkan, Anda yang putuskan! (meminjam tagline tv one)

Rute dan transportasi menuju gunung Cikuray via Olan

Dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek), Bandung, Tasik, dll. ke Garut bisa naik bus. Turun di terminal Guntur.

Tarif bus ekonomi Primajasa dari Jakarta Rp. 52.000, dari Bekasi Rp. 40.000, dari Bandung Rp. 17.000 (Cileunyi), dari Tasik (maaf) belum dapat info. Ongkos sewaktu-waktu bisa berubah. Yang punya update terbaru silakan nanti tulis di kolom komentar.

Setiba di terminal Guntur, kamu bisa istirahat sejenak sambil mencari sarapan. Setalah merasa cukup, lanjutkan perjalanan ke Cikajang dengan naik elef jurusan Cikajang atau angkot. Turun di alun-alun Cikajang.

rombongan pendaki angkot jurusan cikajang
Angkot Cikajang, sumber foto: Jelajahgarut.com

Lokasi alun-alun Cikajang berada setelah pasar lama. Di samping alun-alun terdapat Puskesmas, dari situ jalan sedikit ke belakang ada perempatan. Nah, di perempatan itu banyak tukang ojek.

Naiklah ojek sampai ke Kampung Olan. Ongkosnya lupa, soalnya sudah lama tidak ke sana. Perkiraan Rp. 20.000 per orang.

Kalau menggunakan kendaraan pribadi, dari alun-alun Tarogong ambil jalan ke kanan ke arah Simpang Lima.

Dari Simpang Lima bisa lurus ke arah Leuwi Daun, belok kanan ke arah Maktal. Atau lurus ke arah Pemda, RSU, Maktal.

Nah, dari Maktal ambil jalur ke arah Bayongbong, Cisurupan, Cikajang. Kalau bingung, tanya pada orang-orang yang ada di sekitar situ. Kalau malu bertanya, ikuti saja angkot Cikajang.

Tapi kalau angkot itu masuk garasi, risiko ditanggung sendiri.

Patokannya searah dengan jalur ke gunung Papandayan.

Setiba di alun-alun Cikajang, belok kiri di jalan sebelum Puskesmas. Beberapa meter di depan ada perempatan, lurus saja. Ada turunan sedikit, nanjak lagi selanjutnya datar.

Di depan ada lagi pertigaan. Lurus ke arah Cigedug, ke kanan ke Barusuda dan Kampung Olan. Nah, di pertigaan tersebut kamu belok kanan ke Kampung Olan.

Lurus saja sampai pemukiman terakhir. Patokannya mejelang kampung terakhir jalan rusak, di situ ada masjid. Kalau sudah memasuki waktu sholat silakan sholat dulu.

Motor atau mobil bisa dititipkan di halaman warga, tarif parkir seikhlasnya.

Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Olan

Supaya tidak membingungkanmu dalam menyimak tulisan ini, saya bagi ulasan perjalanan menjadi beberapa pos.

Masjid Olan – Batas Hutan

Dari masjid Olan yang terletak di Kampung Olan menuju batas hutan melewati jalan berbatu. Jalan ini biasa digunakan ojek yang membawa rumput, pupuk dan hasil panen pertanian warga.

Di kiri kanan jalan merupakan lahan pertanian, entah milik siapa. Yang jelas, luas banget dan ‘mengerikan’.

Jalur pendakian gunung cikuray via olan

Habis jalan berbatu, jalan mulai nanjak melewati perkebunan warga. Kamu bisa berjalan melewati jalan yang ada, melalui jalan seperti selokan karena habis terkikis roda motor.

Waktu tempuh dari masjid Olan ke batas hutan kurang lebih 1 jam perjalanan santai. Sebelum masuk hutan, isi wadah air terlebih dahulu karena sampai puncak kamu tidak akan menemukan sumber air.

Halaman selanjutnya >>

Perjalanan dari batas hutan ke Pos 1.

BERIKAN ULASAN, UPDATE ATAU KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here