Info Lengkap Jalur Pendakian Gunung Cikuray via Pemancar

JELAJAHGUNUNG.COM, Ada banyak jalur pendakian gunung Cikuray, salah satunya adalah via Pemancar Kecamatan Cilawu.

Jalur pendakian Cikuray via Cilawu sendiri ada 2; yaitu jalur Pemancar, Dayeuh Manggung dan jalur Kiara Janggot.

Pada postingan ini, saya akan sharing jalur pendaki gunung Cikuray via Pemancar atau lewat perkebunan teh Dayeuh Manggung.

Jalur pendakian gunung cikuray via pemancar
@ukhud_malik
Lihat bayang2 Cikuray… kebayangkan bagaimana naiknya…?

Jalur Cilawu ini bisa dibilang jalur pendakian terpanjang menuju puncak Cikuray. Trek Pemancar relatif lebih landai dari trek Cikuray lainnya.

Jalur pemancar juga termasuk yang paling populer di kalangan pendaki luar Garut. Mungkin alasannya karena itu tadi, treknya tidak se-ekstrem jalur lain.

Baca juga:

Jalur pendakian gunung Cikuray via Cintanagara Bayongbong yang ngangenin

2 Jalur pendakian gunung Cikuray via Cikajang (Olan dan Carik)

Silakan nanti bandingkan sendiri, jalur mana yang cocok dengan seleramu. Apakah enak via Cilawu, Bayongbong atau Cikajang?

Kalau enakmah lebih enak naik pelaminan

Rute dan transportasi menuju gunung Cikuray via Cilawu

Kabupaten Garut dapat dijangkau dengan moda transportasi umum seperti kereta api, bus dan elf.

Stasiun kereta api terdekat ke pusat kota Garut yaitu stasiun Leles. Dari Leles dilanjutkan naik angkot ke terminal Guntur.

Apabila naik bus, dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung dan kota lainnya, akan turun langsung di terminal Guntur Garut.

Sedangkan bagi pendaki yang datang dari arah Tasik, bisa naik bus lewat Singaparna langsung berhenti di Gapura Patrol. Diketahui bus Tasik – Garut via Singaparna lewat jalur Cilawu dan pasti melewati Gapura Patrol.

Terminal – Patrol Cilawu

Dari terminal Guntur perjalanan ke Cilawu dilanjutkan dengan naik angkot Cilawu nomor 04 warna putih – biru. Minta turun di Gapura Patrol, Kampung Patrol.

Untuk menghemat biaya, kalau pendaki rombongan bisa carter angkot atau pickup dari terminal Guntur.

Patrol – Pos Pendaftaran

Dari Patrol ke pos pendakian Cikuray via Pemancar melewati pemukiman dan perkebunan teh Dayeuh Manggung. Untuk menghemat waktu dan energi, perjalanan bisa menggunakan jasa ojek.

Jika bawa mobil pribadi, sebaiknya titipkan di halaman rumah warga di sekitar Kampung Patrol. Namun jika memakai motor, bisa dititipkan di pos Pemancar.

Jalur pendakian gunung cikuray via pemancar cilawu
@erikdes_

Pos Pemancar dan simaksi gunung Cikuray

Ada dua pos di jalur pemancar. Pertama pos pendaftaran, di situ bayar Rp. 10.000 per orang. Kemudian di pos pendataan bayar lagi seikhlasnya Rp. 15.000 per orang.

Total biaya tiket masuk gunung Cikuray via Pemancar Rp. 25.000 per orang.

Di pos pendataan, ketua rombongan pendaki akan diminta FC KTP dan mendata seluruh anggota.

Jalur pendakian gunung Cikuray via Pemancar

Pos 1 – Pos 2

Dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Trek awal dimulai dengan tanjakan dan memasuki kawasan hutan.

Setelah kurang lebih 5 menit perjalanan, kamu bakal bisa melihat pemukiman warga dan indahnya pemandangan perkebunan teh.

Pos 2 – Pos 3

Jarak dari pos 2 ke pos 3 perjalanan cukup jauh dan lumayan menguras energi. Waktu tempuh dari pos 2 ke pos 3 sekitar 3,5 jam atau 1,5 kali lebih lama dari waktu tempoh pos 1 – pos 2.

Pos 3 – Pos 5

Di Pos 3 ada tempat yang bisa menampung sekitar 2 tenda. Sedangkan di Pos 4 lebih luas, dapat menampung hingga 3 tenda. Waktu tempuh sekitar 1 jam, dengan trek tanjakan batu dan akar pohon.

Pos 5 – Pos 6

Waktu tempuh dari pos 5 ke pos 6 kurang lebih 1 jam. Trek masih terus menanjak, kombinasi antara medan batu, tanah merah dan akar pohon. Hati-hati karena jalur lumayan licin.

Pos 6 sering disebut juga sebagai puncak bayangan. Di sini terdapat lahan datar yang cukup lebar, bisa menampung hingga beberapa tenda. Pos ini merupakan pos terakhir pendirian tenda.

Pos 6 – Puncak

Dari pos 6 ke puncak hanya butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan normal. Tepat di puncak juga terdapat lahan untuk mendirikan tenda, namun biasanya penuh kalau akhir pekan.

Enaknya mendirikan tenda di dekat puncak itu kalau mau lihat sunrise tinggal keluar dari tenda. Namun risikonya angin cukup kencang.

Estimasi waktu pendakian gunung Cikuray via Pemancar

Perjalanan Pos ke Pos Waktu Tempuh
Pos 1 – Pos 2 2 jam
Pos 2 – Pos 3 3,5 jam
Pos 3 – Pos 5 1 jam
Pos 5 – Pos 6 1 jam
Pos 6 – Puncak (Pos 7) 15 menit
Total estimasi waktu pendakian Cikuray 7 jam 45 menit

Halaman selanjutnya >>

Suhu udara, sumber air, ongkos dan tempat mendirikan tenda di gunung Cikuray.

BERIKAN ULASAN, UPDATE ATAU KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here