30 Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung

JELAJAHGUNUNG.COM, Mendaki gunung merupakan kegiatan yang cukup berat dan berbahaya. Oleh sebab itu peralatan dan perlengkapan mendaki gunung usahakan sesuai standar olahraga outdoor.

Memang ada pepatah yang mengatakan, “mendaki gunung tidak akan mempercepat atau memperlambat maut”. Tetapi ada baiknya menerapkan manajemen perjalanan dan perbekalan demi keamanan, kenyamanan serta keselamatan pendakian.

Jodoh, pati (maut), bagja (bahagia) dan celaka sudah ditentukan Tuhan. Tetapi kita juga diwajibkan berikhtiar, karena Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum apabila kaum tersebut tidak mengubah nasibnya sendiri.

Ah, maaf jadi tausiah.. hehe

Semakin hari semakin bermunculan merek outdoor gear. Bukan merek yang penting (bukan tidak penting), namun lebih kepada fungsi dan kemampuan atau daya beli.

Peralatan dan perlengkapan mendaki gunung
Abaikan tanda panah

Bagi sebagian yang mampu membeli perlengkapan dan peralatan mendaki gunung produk luar negeri atau merek lokal yang mahal mungkin tidak masalah. Tetapi bagi sebagian lagi, termasuk saya, terpaksa harus membeli perlengkapan mendaki yang harganya terjangkau.

Tidak apa-apa. Yang penting berfungsi baik dan nyaman dipakai. Ngupahan maneh we.. wkwk

Daftar Peralatan dan Perlengkapan Mendaki Gunung

Perlengkapan dan peralatan mendaki gunung antara lain:

1. Kupluk/ balaclava/ ciput/ kerepus

Namanya mungkin beda-beda, bergantung dari bahasa daerah masing-masing. Standar kupluk yang baik untuk mendaki gunung adalah kupluk yang hangat, bisa melindungi kepala sampai ke telinga dari dinginnya udara di gunung.

kupluk perlengkapan naik gunung
Inframe Taufik Aha

Apakah boleh memakai kupluk panda atau kupluk karakter?

Boleh saja silakan. Yang penting nyaman, tidak menambah beban dan tidak mengganggu pergerakan.

2. Topi rimba

Topi rimba atau topi pet juga boleh. Fungsinya untuk melindungi kepala, wajah dan pundak dari terik matahari.

Selain itu, topi juga berguna untuk melindungi kepala dari goresan ranting atau sengatan binatang seperti lebah dan patukan ular.

3. Kaca mata

Kaca mata mata kalau punya usahakan bawa. Fungsinya untuk melindungi mata dari silau sinar matahari ketika siang hari di puncak gunung. Tapi ini tidak wajib karena bisa terbantu oleh topi.

Kaca mata pendaki gunung
Inframe Guntur

Tidak usah bawa kaca mata gaya yang kacanya bolong ya sobat!

4. Pakaian lapangan dan baju ganti

Pakailah pakaian treking saat mendaki. Bawa juga pakaian ganti buat cadangan untuk mengantisipasi jika pakaian yang dikenakan basah, sobek atau tidak nyaman karena bau keringat.

Kalau bisa cari pakaian yang terbuat dari bahan ringan, kuat dan mudah kering.

Apakah boleh mendaki memakai celana pendek atau leging?

Bergantung dari karakteristik jalur pendakian. Kalau jalur yang akan dilalui remet oleh ranting dan duri, kemudian banyak pacet mau tetap pakai celana kolor?

(maaf) bagi pendaki muslim khususnya, demi kehormatan kenakanlah pakaian yang menutup aurat dan tidak menonjolkan lekuk tubuh.

5. Pakaian dalam (ganti)

Bawa juga pakaian dalam untuk ganti. Misal perjalanan diguyur hujan, kan gk enak pakaian luar diganti sementara daleman basah.

Maaf, tak perlu pake ilustrasi foto ya.

Halaman selanjutnya >>

BERIKAN ULASAN, UPDATE ATAU KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here