5 Alasan Kenapa Tak Boleh Bawa Box Music ke Gunung

JELAJAHGUNUNG.COM, Gunung bukan tempat keramaian, melainkan tempat mencari ketenangan. Maka pendaki yang membawa box music ke gunung kurang atau bahkan tidak mendapat tempat di hati pendaki lainnya.

Kemarin (25/6/2019), secara tidak sengaja saya membaca sebuah postingan di salah satu grup facebook pendaki. Seorang anggotanya menanyakan, kenapa tak boleh bawa box musik ke gunung?

Pertanyaan tersebut dikomentari oleh ratusan akun. Komentarnya cukup menarik dan beragam. Manis, asam, pedas, nano-nano rasanya.

Sebagian memberi berkomentar asam manis. Sebagian lagi yang tergolong pendaki beraliran ‘poksang‘ komentarnya pedas level 5. Rasa pedasnya mungkin mengalahkan sambal Cibiuk asli Garut yang terkenal nikmat.

Alasan tidak boleh bawa box music ke gunung

5 Asalan Kenapa Tak Boleh Bawa Box Music ke Gunung

Dari ratusan komentar yang serius menjawab, saya simpulkan menjadi 5 (lima) poin seperti di bawah ini.

1. Musik yang terlalu keras berisik dan mengganggu

Alasan pertama adalah berisik. Suara musik yang keras dapat mengganggu kenyamanan orang lain yang mau istirahat. Kebanyakan pendaki gunung mengaku mendaki untuk untuk mencari ketenangan.

2. Lagu yang kamu suka, belum tentu disukai orang lain

Pada umumnya anak muda suka mendengarkan musik. Tetapi tidak semua/ sebagian lagu yang kamu sukai disukai pula oleh orang lain. Karena selera orang itu beda-beda.

3. Mengganggu ketenangan hewan dan penghuni gunung

Disebutkan, suara musik di gunung dapat mengganggu ketenangan hewan dan penghuni gunung lainnya. Hewan yang terusik bisa saja balik mengganggu pendaki yang tidak berdosa.

Pendaki merupakan tamu di gunung. Sebagai tamu yang baik, maka harus menjaga etika dan sopan santun.

4. Gunung bukan tempat keramaian

Gunung bukan tempat keramaian, bukan pula tempat privasi. Gunung merupakan alam liar yang penghuninya sangat beragam. Kebebasan kita dibatasi oleh kebebasan orang/ mahluk lain. Jadi, pendaki yang mabrur harus bisa saling menghargai.

5. Mengganggu suara peringatan dan pertolongan

Ada gunung-gunung yang petugasnya melarang pendaki bawa box musik. Salah satu alasannya karena dapat mengganggu/menghalangi teriakan peringatan atau pertolongan dari pendaki lain.

Di gunung Semeru misalnya, ketika summit gak bisa dengar teriakan kalau ada batu jatuh.

Halaman selanjutnya >>

BERIKAN ULASAN, UPDATE ATAU KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here