Tiket Masuk TWA Gunung Guntur Garut, Bukan Cagar Alam

JELAJAHGUNUNG.COM, Harga tiket masuk TWA Gunung Guntur beda dengan SIMAKSI CA Gunung Guntur. Di judul saya tulis frasa ‘Bukan Cagar Alam’, artinya info harga tiket gunung Guntur ini bukan untuk masuk kawasan CA. Tapi khusus tiket TWA.

Karcis Guntur hanya berlaku untuk memasuki kawasan Taman Wisata Alam. Sedangkan memasuki kawasan Cagar Alam harus ada Simaksi (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) dari BKSDA setempat.

Tiket masuk TWA Gunung Guntur

Batas-batas kawasan Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Gunung Guntur sampai saat ini masih jadi polemik. BKSDA sendiri mengaku sedang mencari solusi terbaik yang dapat diterima oleh semua kalangan.

Seperti diilansir Tribun Jabar, status Gungung Guntur Cagar Alam atau TWA masih belum jelas.

Kepala BKSDA Wilayah III Ciamis yang menaungi Seksi Konservasi Wilayah V Garut, Himawan Sasongko mengatakan, pihaknya masih menyerap aspirasi terkait status kawasan Guntur dan Papandayan yang sempat menjadi polemik.

Menurutnya saat ini pemerintah sedang mencari solusi terbaik agar kebijakan yang diambil bisa diterima semua kalangan.

“Dialog ini tak cukup sekali. Perlu ada pemahaman bersama agar nanti bisa mengambil langkah tepat,” kata Himawan. Dikutip Jelajahgunung.com dari Tribun Jabar (19/6/2019).

Yuk cari tahu, Apakah jalur pendakian gunung Guntur ditutup?

Harga tiket masuk gunung Guntur

Harga tiket masuk gunung Guntur dari jalur Citiis diketahui Rp. 15.000 per orang. Jika membawa kendaraan pribadi, ditambah biaya parkir. Tarif parkir motor dikenakan biaya Rp. 10.000.

Itu harga terakhir saya ke sana pada akhir 2018. Tapi besar kemungkinan tarifnya masih sama.

Sementara, tiket masuk Guntur via Cikahuripan sama tidak lebih dari Rp. 15.000 per orang.

Diketahui jalur gunung Guntur via Cikahuripan santer disebut-sebut sebagai jalur yang melintasi kawasan CA. Kebenaran mengenai hal tersebut kita tunggu keterangan resmi dari pihak terkait.

Para aktifis lingkungan saat ini sedang aktif mengkampanyekaun #STOPMENDAKIGUNTUR. Dengan alasan bahwa status gunung Guntur merupakan kawasan Cagar Alam.

Mengutip tagline tv one, “kami kabarkan anda putuskan”.

Informasi tiket Guntur ini tidak dalam rangka menganjurkan untuk mendaki gunung Guntur. Tidak juga melarang. Cari kebenaran lalu melangkahlah dengan pasti.

Bagi sebagian, Gunung Guntur bisa dibilang sebagai ‘pelarian’ dari TWA Gunung Papandayan dan gunung Cikuray.

Tiket masuk TWA Papandayan relatif lebih mahal. Sedangkan gunung Cikuray yang treknya lebih berat.

Tong leumpang dina hayang, tong cicing dina embung, tapi kudu leumpang dina kudu, kudu euren dina ulah.

Jangan berjalan selagi mau, jangan diam selagi enggan. Tapi berjalanlah karena harus, dan harus berhenti karena larangan. (Amanat Mama Khoer Affandi Manonjaya)

BERIKAN ULASAN, UPDATE ATAU KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here